Yu Sin

Yu Sin menyelesaikan pendidikan arsitekturnya di jurusan arsitektur Institut Teknologi Bandung pada tahun 1999. Usai menyelesaikan pendidikannya, Yu Sin mendirikan studio arsitektur yang diberi nama “Genesis” yang pada tahun 2011 berubah nama menjadi akanoma. Sejak awal berpraktik ia memiliki obsesi tentang arsitektur yang dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat dengan membuat proposal desain rumah-rumah murah.

Judul Proyek : Fasilitas kebugaran dan Kecantikan di Desa Lap-lapan
Universitas : Insitut Teknologi Bandung
Tipologi : Fasilitas Kebugaran
Tahun Proyek : 1998-1999
Lokasi : Ubud, Bali

Untuk proyek Tugas Akhirnya, Yu Sin merancang pusat spa dan resort di wilayah Ubud, Bali. Tapak yang ia gunakan dalam proyek ini meminjam salah satu tapak yang tengah digarap oleh Popo Danes. Fungsi spa ini dipilih berdasarkan studi komparasi terhadap tugas-tugas akhir para senior terdahulunya.

Penyajian gambar proyek ini disajikannya di atas lembaran kertas kalkir dengan teknik gambar manual menggunakan rapido. Ia mengakui saat itu sudah mulai marak penggunaan aplikasi CAD untuk mengembangkan desain proyek yang ada. Mengingat kemampuan dirinya yang terbatas, Yu Sin pun lebih memilih merancang dengan teknik manual dan menjiplak ulang gambar perspektif proyek (dibantu dibuatkan oleh seorang adik kelasnya melalui CAD) ke media kalkir.

Would you like to comment?

Leave a Reply