Joe Wilendra

Joe Wilendra lahir di Jakarta tahun 1971. Lulus dari University of Wisconsin pada tahun 1996, kemudian melanjutkan S2 di University of California (UCLA). P.D.D.I.Y  merupakan housing yang ia rancang sebagai salah satu final assignment. Melanjutkan karir di Libier Cooper Associate pada tahun 2000. Kemudian pada tahun 2004, merupakan project manager di Neil M. Denari Architects. Kemudian pada 2011, mendirikan dan sampai saat ini merupakan prinsipal arsitek W. Office.

Judul Proyek   :  P.D.D.I.Y
Universitas      :  University of Wisconsin (Advanced Architectural Design)
Tipologi            : Hunian
Tahun Proyek :  2000
Lokasi               :  Wisconsin

P.D.D.I.Y merupakan karya tugas akhirnya yang menciptakan sebuah tempat hunian yang transformabel sesuai dengan kebutuhan dan jumlah penghuninya. Terinspirasi dari kotak sepatu yang mudah dibongkar pasang, setiap unit terdiri dari 3 buah lapisan: inner life, di mana kehidupan terjadi; skeletal structures, di mana terjadi penahanan gaya; dan outer skin yang melindungi dan menjadi identitas dari tiap unit. Aktivitas yang berbeda-beda di level inner life akan menyebabkan perubahan jumlah modul hunian yang dibutuhkan oleh tiap orang. Joe mengakui bahwa tren berpresentasi yang sedang ‘in’ pada masanya adalah warna-warna oranye yang terkesan ‘sophisticated’, sehingga warna tersebut dipilihlah sebagai warna primer dari gaya penyampaian desainnya.

Bentuk karya pameran : Ilustrasi dalam panel A3

Highlight transkrip   :

Hal terpenting yang diperoleh ketika belajar pada jurusan Advanced Architectural Design di The Bartlett School of Architecture adalah stating of mind, hal ini penting karena dalam mendesain perlu penentuan prioritas solusi atas permasalahan-permasalahan yang kerap kali dilematis & paradoksal. Selain itu, pengalaman selama mengerjakan proyek ini juga melatih sensitivitas, membantu memaknai dan menerjemahkan fungsi dari setiap garis. Menurut Sarah Ginting, garis adalah doa dan only in lines we trust.

Would you like to comment?

Leave a Reply