Jimmy Priatman

Jimmy Priatman sudah tertarik dengan arsitektur berbasis energi sejak awal menjalani kuliah. Jimmy menyelesaikan studi S1 di Universitas Kristen Petra pada tahun 1981. Setelah menempuh karir sebagai praktisi selama 13 tahun beliau melanjutkan studi S2 di Illinois Institute of Technology, jurusan arsitektur, Chicago USA.

Judul Proyek : Pusat Riset Energi Surya
Universitas : Universitas Kristen Petra
Tipologi : Bangunan Pendidikan
Tahun Proyek : 1981
Lokasi : Surabaya

Pusat Riset Energi Surya adalah fasilitas untuk melakukan penelitian tentang energi alternatif non minyak. Jimmy melakukan riset mengenai sistem energi surya yang pada masa itu dianggap tidak ada hubungannya dengan arsitektur. Untuk mendapatkan data untuk Tugas Akhirnya itu Jimmy harus melakukan penelitian mandiri ke laboratorium dan pakar sains energi.

Ada 5 kriteria yang harus dipenuhi di dalam rancangannya, pertama, orientasinya atap maupun dinding yang akan berperan sebagai kolektor energi matahari; kedua, sudut kemiringan atap; ketiga, cara menggunakan energi matahari tersebut agar bisa diimplementasikan pada bangunan secara pasif; keempat, cara menggunakan energi matahari tersebut agar bisa diimplementasikan pada bangunan secara aktif; dan kelima, bagaimana ruangan pada bangunan tersebut disediakan untuk menunjang peralatan riset berfungsi dengan baik. Aspek pemanfaatan energi matahari pada bangunan adalah inti kasus pada Tugas Akhir Pusat Riset Energi Surya.

Would you like to comment?

Leave a Reply