Daniel Sandjaja

Daniel Sandjaja menyelesaikan kuliah arsitektur pada tahun 1995 dari universitas Tarumanagara. Selepas masa perkuliahan, Daniel bekerja di studio Hadiprana dan pernah bekerja di bawah bimbingan Andra Matin. Ia pun mendapat kesempatan untuk bekerja bersama Kerry Hill yang pada saat itu memiliki proyek di Indonesia. Saat ini ia
mengepalai sebuah studio bernama Studio Kecil yang beranggotakan 3 orang sejak 1999.

Judul Proyek : Balai Sidang dan Peragaan
Universitas : Universitas Tarumanagara
Tipologi : Mixed-use Building
Tahun Proyek : 1995
Lokasi : Cikini, Jakarta Pusat

Convention Center dan Balai Sidang merupakan program utama dalam proyek Tugas Akhirnya dengan penambahan program Hotel sebagai fungsi penunjangnya. Proyek akhirnya ini berlokasi di Cikini, dekat Stasiun Cikini, Pasar Kembang, dan Pasar Mas di sekitarnya. Oleh karena itu, ketiga program eksisting tersebut pun memberi pengaruh yang cukup besar pada desainnya.

Daniel melakukan eksplorasi medium, baik gambar maupun maket, sebagai usaha untuk menantang dirinya sendiri dalam proyek Tugas Akhir. Tiap proses didokumentasikan dalam gulungan ketas roti dan dibawa saat sidang akhir. Pada materi presentasi akhirnya, ia menggunakan material karton gelombang, jeruji sepeda, dan kolase foto serta diagram di atas kalkir. Hingga kini, eksplorasi medium tersebut masih ia lakukan ke dalam proses merancang di Studio Kecil.

Would you like to comment?

Leave a Reply