Andra Matin

Andra Matin lahir di Bandung tahun 1962. Lulus dari Universitas Parahyangan pada tahun 1990, dengan tugas akhir berjudul “Pusat Dokumentasi Arsitektur”. Ia berpartisipasi aktif di Forum Arsitek Muda Indonesia. Sebelum mendirikan Andramatin Architect pada tahun 1998, ia bekerja di Grahacipta Hadiprana selama 8 tahun.

Judul Proyek    :  Pusat Dokumentasi Arsitektur

Universitas       :  Universitas Parahyangan

Tipologi              :  Bangunan Pendidikan

Tahun Proyek   :  1990

Lokasi                 :  Depok, Jawa Barat

Pusat Dokumentasi Arsitektur merupakan sebuah wadah arsip, galeri, kantor asosiasi profesi dan edukasi. Proyek ini sulit diterima ketika dalam tahap proposal, karena preseden yang belum ada sebelumnya. Tapaknya terletak di Depok, di dekat kampus UI, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar mahasiswa arsitektur. Konsepnya adalah seperti air yang mengalir dari hulu ke hilir, begitu juga ilmu pengetahuan yang dialirkan dan melebar ke sekitar. Terdapat sebuah axis utama yang menghubungkan ruang-ruang pertemuan dan kelas. Entrance utamanya adalah sebuah rotunda dengan ramp menurun kemudian view menerus searah axis-nya adalah perpustakaan sebagai pusat dari ilmu pengetahuan dengan galeri permanen dan temporer di sebelah kanan dan kirinya.  Ketika mengerjakan Tugas Akhir ini, perbincangan tentang Postmodern sedang berkembang. Namun hal yang paling menginspirasinya adalah keanekaragaman atap Indonesia. Hal tersebut merupakan modal yang dapat terus dieksplorasi.

Highlight transkrip:

Andra Matin percaya arsitektur Indonesia memiliki kekhasan yang perlu ditelusuri dan untuk sampai ke sana perlu database yang baik. Indonesia belum mempunyai sistem dokumentasi & pengarsipan yang baik. Padahal banyak sekali baik sumber daya maupun ilmu yang dapat dipelajari dari kebudayaan Indonesia. Banyak sekali negara-negara lain sudah meneliti Indonesia, dan pada akhirnya kita justru hanya dapat menerima penelitian mereka, bukan mempelajari langsung dari negara kita.

Would you like to comment?

Leave a Reply