Agustinus Sutanto

Agustinus Sutanto lahir di Jakarta tahun 1968. Lulus dari Universitas Tarumanagara pada tahun 1992, dengan tugas akhir berjudul “Peremajaan Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki”. Setelah itu melanjutkan S2 di University College London (UCL) pada 1998. Pada tahun 2009, mendapatkan gelar Ph.D dari University of Sheffield. Saat ini ia mengajar di Universitas Tarumanagara dan merupakan prinsipal arsitek Studio Graha Akar Karya.

Judul Proyek   :  Peremajaan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki
Universitas      :  Universitas Tarumanagara
Tipologi            :  Fasilitas Pariwisata
Tahun Proyek :  1992
Lokasi              :  Taman Ismail Mazuki, Cikini, Jakarta Pusat

Sesuai judulnya, karya tugas akhir sarjananya – Peremajaan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, terletak di kawasan TIM yang terkenal sebagai lokasi sentral kesenian di Jakarta. Animo masyarakat akan seni kontemporer pada dekade 1980-1990an menyebabkan kapasitas TIM tidak lagi mampu menampung pengunjung yang membludak berdatangan. Mengusung konsep lokal, desain kompleks TIM yang baru ini terintegrasi antar program dan dengan alam sekitar.

Karya tugas akhir master of architecture GAD

Judul Proyek   :  Interior of The City
Universitas      :  The Bartlett School of Architecture
Tipologi            :  Fasilitas Pariwisata
Tahun Proyek :   1996
Lokasi              :   Bali

Karya tugas akhir Master of Architecture GAD-nya adalah proyek hotel di Bali. Lansekap Pulau Bali dapat dikatakan ekstrim, hingga di banyak titik terdapat jurang yang langsung berbatasan dengan laut. Proyek hotel yang mulai menjamur di Bali membuat sebuah potensi dikembangkannya pusat akomodasi di sepanjang bentang lansekap sedemikian. Program hunian dan penunjang disusun secara vertikal. Fasad pun menggunakan metode parametrik yang saat itu baru mulai memanas.

Kisah dan pengalaman:

(Belum bersedia di wawancara karena kesibukannya mengajar, berpraktik, dan berpartisipasi dalam berbagai sayembara)

Would you like to comment?

Leave a Reply