OMAH: Membaca Makna Rumah Jawa

Judul: OMAH: Membaca Makna Rumah Jawa

Penulis: Revianto B. Santosa

Bahasa: Indonesia

Halaman: 300

ISBN:  978-602-5615-75-7

Rumah Jawa adalah tempat untuk membina, mengembangkan, dan mentransformasikan budaya melalui praktik berkehidupan yang diselenggarakan di dalamnya. Buku ini memaparkan secara rinci rumah sebagai tempat untuk aktivitas keseharian, untuk pelaksanaan upacara dan perhelatan, serta untuk panggung seni pertunjukan. Dalam ketiga praktik tersebut rumah dimaknai dan dihayati oleh warganya.

Berusaha untuk menyajikan spektrum yang luas, buku ini mengkaji empat rumah Jawa di Yogyakarta dalam berbagai skala, dari bangunan tunggal yang kecil hingga, rumah pengusaha, dalem pangeran, dan Kraton yang terdiri atas lebih dari seratus bangunan. Dalam lintasan skala bangunan dan stratifikasi sosial penghuninya, praktik-praktik domestik tersebut membentuk dan dibentuk oleh budaya Jawa secara dinamis.

Melibatkan diri pada sejumlah peristiwa di rumah-rumah tersebut, penulis sangat akrab dengan kehidupan di dalamnya sehingga mampu menyajikan rinci kehidupan dan praktik di dalamnya untuk kemudian diangkat ke dalam wacana budaya meruang yang luas.

Diterbitkan pertama kali hampir dua puluh tahun yang lalu, Omah adalah referensi yang tersaji sederhana namun mampu mengungkapkan kekayaan makna dalam hidup meruang.


Would you like to comment?

Leave a Reply