Bitter Sweet #13 Memories in Architects Life – Gunawan Tjahjono

Hola Restless spirit!
Sejak 22 Januari 2017, Pameran Titik Awal telah didatangi banyak pengunjung. Namun, karena masih banyak peminat yang ingin berkunjung, kami memutuskan untuk memperpanjang waktu Pameran sampai Sabtu 4 Maret 2017. Beruntung sekali, Sabtu ini kami juga mendapatkan kesempatan kunjungan dari Professor Gunawan Tjahjono dan Professor Yandi Andri Yatmo untuk membagikan pengalaman ‘Bittersweet Titik Awal’ mereka. Jangan lewatkan kesempatan untuk mempelajari karya, sekaligus mendengarkan kisah mereka!

Gunawan Tjahjono lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 1975 sebelum melanjutkan studi masternya pada tahun 1981 di University of California at Los Angeles pada alur perancangan kota. Kemudian pada tahun 1989 berhasil meraih gelar PhD dari University of California at Berkeley dan kemudian menjadi guru besar dari Universitas Indonesia.
Karya yang berhasil didokumentasikan dan diarsipkan adalah comprehensive final assignment untuk gelar masternya di UCLA. Proyeknya berjudul City As Museum, yaitu konsep urban design guideline yang menitikberatkan perhatian pada perjalanan sejarah di sebuah kawasan dengan menghubungkan kawasan kota tua Jakarta, mulai dari museum bahari, pasar ikan, stasiun Jakarta kota, dan balai kota (sekarang museum fatahilah) – yang dahulu dikenal sebagai jalur budaya – menjadi sebuah koridor perjalanan sejarah. Pendekatan yang digunakan adalah tipologi yang terinspirasi dari James Stirling dan Hans Hollein. Beberapa buku yang dijadikan rujukan dalam perancangan seperti The Poetics of Gardens Book by (Charles Moore, William J. Mitchell, dan William Turnbull) dan Chambers For A Memory Place (Donlyn Lyndon dan Charles W. Moore).
Untuk Registrasi, silakan akses link di bawah ini
http://bit.ly/2lVVXXD
Acara akan diadakan Sabtu, 4 Maret 2017, pukul 10.00. Mohon hadir tepat waktu ya, sampai jumpa di hari Sabtu!

Would you like to comment?

Leave a Reply